04 Juli 2008

IBU

Ibu=menyebalkan, ok mungkin pendapat gue itu terkesan "durhaka" banget dan sama sekali ga menghargai seorang ibu. Tapi, gue ga mau munafik kalo gue pernah berpikiran seperti itu tentang sosok seorang ibu. Maklum, pikiran itu muncul ketika gue lagi dalam masa transisi, pikiran anak remaja dalam masa pubertas.Mungkin sebagai seorang anak, bohong banget kalo kita ga pernah ngerasa sebel terhadap sosok seorang ibu. Banyak hal yang menyebabkan gue berpikiran ibu itu nyebelin.

Ibu selalu merasa tidak pernah puas terhadap apa yang gue lakuin. Contohnya, ibu selalu nyuruh gue beresin kamar dan gue sebagai anak yang patuh lalu mengerjakannya. Tapi apa?! setelah gue "banting tulang" beresin tuh kamar, nyokap dengan enteng bilang "kamu ini kalo kerja apa2 ga pernah beres, kamar masi berantakan gitu dibilang rapi." *Sabar...*

Ibu selalu nyalahin atas "berpindahnya" barang dari habitatnya. Contoh, saat ibu mau menggunting sesuatu dan beliau tidak menemukan gunting itu di tempatnya "Ganis, gunting mana?" lalu gue jawab kalo gue ga tau. Ibu teriak lagi "kalo pakai apa2, balikin lagi ke tempatnya, masak ibu aja yang disuruh rapi" (setelah ibu menemukan gunting itu di atas meja TV). Padahal jelas2 gue ga pake gunting sama sekali, gue punya gunting sendiri kok di kamar. *Sabar lagiii........*

Ibu terkadang selalu banding2in gue ama kedua kakak gue. Ya ampun, lo semua tau kan gimana sakitnya kalo dibandingkan ama orang lain?! Ok, gue tau mungkin ibu ngelakuin itu demi kebaikan gue tapi apa itu semua masih bisa dibilang kebaikan kalo dah ngebuat gue depresi berat. Ibu marah kalo ngeliat kamar gue berantakan, tapi ketika ibu ngadain SIDAK ke tempat kakak gue di Jatinangor dan kamar kakak gue sangat berantakan ibu biasa aja dengan berdalih kalo kakak gue itu sibuk kuliah. Hmpph...dan masih banyak hal lain yang selalu ibu bandingkan antara gue dan kakak2 gue! *Dimana jual sabar? Stok gue habis*

Dan masih banyak lagi hal yang bikin gue terkadang gondok ama ibu.....

Akhirnya pada suatu subuh, gue nonton acara renungan fajar di RCTI (bener ga yah nama acaranya?). Di acara itu, penonton dibawa hanyut dalam perenungan berartinya sosok orang tua terutama ibu. Sumpah, gue nangis ngeliat acara itu. Gue sampai ga bisa komentar apa2 lagi. Banyak hal yang mungkin udah ibu tunjukkan yang ngebuat gue berpikir kalo ibu itu nyebelin. Tapi mengapa banyak hal yang gue lupakan terhadap arti sosok seorang ibu.

Ibu udah mengandung gue 9bulan, rela berjalan dan beraktivitas dengan adanya gue dalam kandungan tanpa mengeluh.
Ibu rela berjuang antara hidup atau mati ketika melahirkan gue ke dunia ini, gue yang bermandikan darah. Darah rahimnya.
Ibu rela menahan perih pada puting payudaranya karena menyusui gue.
Ibu dengan ikhlas merelakan jam tidurnya karena isak tangis gue yang terbangun di tengah gelap malam dan ibu menenangkan gue dengan mendendangkan kasih sayangnya.
Ibu tetap tersenyum ketika gue ngompol dalam dekapannya.
Tapi, mengapa seorang ibu tidak pernah mengeluh akan semua itu? Mengapa dia tidak marah dan berpikir kalo gue itu anak yang nyebelin? Dia tetap tersenyum, dia tetap sabar, dan tentunya dia tetap mencintai gue, anaknya. Selalu!
Ibu adalah sosok yang paling panik kalo gue pulang telat.
Ibu adalah sosok yang membela gue kalo dimarahi bapak.

Ibu adalah sosok wanita terhebat yang pernah gue tau.

Kini gue sadari kalo Ibu=menyenangkan! karena ibu adalah anugerah terindah yang pernah kumiliki seperti kata Sheila On 7. Ibu adalah sosok sempurna seperti kata Andra&the backbone. Dan ibu adalah sandaran hati seperti kata Letto.

IBU, I LOVE YOU...!!!!


7 komentar:

Mike.... mengatakan...

uhmm..anak berbakti..bagus,nak,,,bagus..hi..hi..

daHeaRtBreaKer024 mengatakan...

huhuhuhu...
*crying*

Reza Arielfanda mengatakan...

gw kangen emak gw!!! hhu...

Kang Boim mengatakan...

bagaimana pun kita ga bakal bisa ngebales...semua jasa2 beliau....sy sekarang jg lg mikir gmn caranya membalas semua kebaikkan ibu yang selama ini telah merawat dan membesar sy...

Blogger Addicter mengatakan...

wah..wah..mengharukan..hikzz..:-s

bluepaper mengatakan...

bagus lah lu udah sadar sekarang..

gue belom sadar juga kayaknya +_+

boncuman mengatakan...

belum jadi ibu ya...??